Cara Mengubah Ukuran Kapasitas Memori RAM di VirtualBox

VirtualBox adalah salah satu software aplikasi berbasis windows yang di peruntukkan untuk melakukan simulasi-simulasi dalam mengeksekusian sistem operasi tambahan yang biasa di kenal dengan Virtual OS. VirtualBox merupakan aplikasi simulasi sistem operasi virtual yang mendukung semua operasi yang bersifat freeware. bagi kalian tamatan smk jurusan teknik komputer dan jaringan atau yang sekarang masih menjalani pendidikannya mungkin sudah tidak asing lagi dengan software yang satu ini, karna di dalam mata pelajaran tkj smk terdapat pembahasan tentang cara penginstalan dan pengoperasian sistem operasi menggunakan aplikasi simulasi ini sebelum langsung melakukan praktikum terhadap sebuah pc asli.

Disaat kamu akan membangun sebuah jaringan komputer dengan menggunakan Mikrotik, pasti kamu juga akan memasang sistem operasi virtual dengan VirtualBox dahulu agar Mikrotik tersebut bisa berjalan di dalam sistem operasi virtual. Kemudian, barulah kamu bisa melakukan berbagai konfigurasi sistem jaringan yang ada di dalam mikrotik tersebut.

Seperti yang di pelajarin di pembelajaran kejuruan Tkj SMK, kamu juga bisa menggunakan aplikasi VirtualBox wadah uji coba untuk melakukan penginstalan & Upgrade sistem operasi jika kamu masih ragu atau belum mahir dalam melakukan penginstalan sistem operasi windows secara langsung di Personal Computer / Laptop kamu, dikarenakan takut nantinya akan terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan seperti error ataupun rusak pada hardware. Intinya berguna sebagai pencegahan dan antisipasi. karna itu adalah fungsi dari virtual box ini sendiri.

Jika disaat kamu menjalankan Aplikasi VirtualBox ini perangkat Laptop / PC kamu mengalami penurunan performa, menjadi lambat, dan sangat tidak nyaman disaat kamu menggunakan software virtual ini, kamu bisa Mengubah kapasitas penggunaan memori RAM yang di gunakan oleh virtualBox agar aplikasi ini tidak terlalu banyak memakan RAM dan menguras performa. umumnya hal ini terjadi apabila perangkat yang kamu gunakan adalah perangkat yang memiliki spesifikasi rendah. Atau kamu dapat menggunakan cara untuk meningkatkan performa pada windows 10.


Berikut Cara Mengubah Kapasitas Penggunaan Memori RAM di VirtualBox

Langkah:

1. Buka aplikasi VirtualBox di komputer atau laptop kamu. Jika kamu belum mempunyai aplikasi VIrtualBox , maka kamu harus download aplikasi VirtualBox nya terlebih dahulu.

Download VirtualBox


2. Piliihlah sistem operasi virtual mana yang ingin kamu ubah kapasitas ukuran memori RAM nya. tentunya sudah kamu install sendiri sebelumnya. Kemudian klik Setting

image


3. Klik opsi System

image


4. Disini kamu bebas mengatur berapa banyak ukuran memori RAM untuk sistem operasi yang telah kamu buat, tentunya ubah sesuai kebutuhan saja pada bagian Base Memory. dan Usahakan jangan mensetting memori sampai ke garis merah. Kemudian klik OK.

Nah, sekarang kamu tentu akan merasa sedikit lebih nyaman dalam menggunakan aplikasi VirtualBox ini karena penggunaan RAM tidak terlalu over dan menyeimbangkan dengan perangkat kamu.


NOTE:
Kalian juga bisa langsung menentukan ukuran memori ketika hendak melakukan penginstalan di aplikasi VirtualBox nya secara langsung,



Demikian lah tutorial bagaimana cara mengubah ukuran kapasitas memori RAM di VirtuaBox. Selamat mencoba.

0 Response to "Cara Mengubah Ukuran Kapasitas Memori RAM di VirtualBox"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel